Jumat, 19 Maret 2010

Mukmin Sejati...!!


إنما المؤمنون الذين إذا ذكر الله وجلت قلوبهم وإذا تليت عليهم أياته زادتهم إيمانا وعلى ربهم يتوكلون@الذين يقيمون الصلاة ومما رزقناهم ينفقون@أولئك هم المؤمنون حقا لهم درجات عند ربهم ومغفرة ورزق كريم. الآنفال. 2-4

“Sesungguhnya Orang-orang yang beriman itu apabila disebutkan nama Allah hatinya akan gemetar, dan apbila dibacakan ayat-ayatnya kepada mereka keimanannya bertambah dan akan berserah diri (tawakkal) Kepada Tuhan mereka. Mereka itu orang-orang yang mendirikan shalat dan orang yang menginfakan sebagian rezki mereka. Merekalah orang-orang mukmin yang sejati mereka akan mendapatkan derajat disisi Tuhan mereka, keampunan dan rizki yang mulia” (QS. Al anfal. 2-4)
Mukmin sejati

a. Abstrak
1. Refleksi Jiwa Ketuhanan
Seorang mukmin sejati adalah mereka yang mempunyai jiwa ketuhanan yang kokoh, darahnya mengalir kalimat Tuhannya. Apabila seruan memanggil, maka darahnya akan menggelegat untuk menjunjung perintahnya. Jangan sampai terdengar ditelinganya kalimat cacian terhadap agamanya nansuci, maka dia tidak akan memperdulikan segalanya walaupun nyawanya dipertaruhkan…!! Andakah orangnya…? Al-Aqsha menanti anda…!!

2. Refleksi Naluri Keyakinan
Seorang mukmin sejati adalah mereka yang mempunyai akal yang cerdas. Mampu mengambil hikmah disetiap sudut dataran bumi untuk memperkokoh keyakinannya. Karena dia yakin bahwa hakikat ketuhanan tidak menyalahi akal pikiran. Islam bukan agama doktrin dan bukan agama paksaan. Setiap kejadian adalah bukti ke Esaan Rabnya…!apakah anda pernah memikirkan sekitar tubuh anda…? Kapan anda ada… dan persiapan apa yang nantinya ketika anda meninggalkan dunia ini…?

3. Ketabahan
Sadar akan kemampuan adalah ciri mukmin sejati, keterbatasan diri adalah hakikat karena tidak ada yang sempurna kecuali Dia Sang Pencipta. Menyerahkan segala keputusan kepada Allah karena dia yakin bahwa Allah mengetahui yang terbaik bagi dirinya (baca: ko begini ko begitu…!), memberikan apa yang dibutuhkan hambanya bukan yang ia inginkan…! Tahukah anda bahwa Allah tidak pernah menjadikan hal yang sia-sia dimuka bimi ini…?

b. Ekspresi
1. Jasad
Pemalas bukanlah ciri mukmin sejati, disiplin waktu dan bekerja dengan professional. Tergambar dalam shalat yang ia kerjakan lima kali sehari semalam, baik dalam kesendirian maupun didepan mata orang. Shalat mendidik seorang mukmin, professional dalam bertugas, kekhusukan gerak, bacaan dan insting yang ia miliki. Mendidik disiplin akan waktu, bayangkan lima aktifitas dalam sehari semalam harus ia lakukan dalam waktu yang telah di tetapkan. Mendidik akan kejujuran melaksanakan kewajiban dalam kesendirian ataupun keramaian…!! Apakah anda rela meninggalkan status mukmin lantas menjadi orang munafik dengan mengabaikan shalat…?

2. Finansial
Mukmin sejati bukanlah manusia yang didalam otaknya tumbuh subur ladang materialis…!
Klo ga ada lho ga rame…! Manusia makhluk social, jadi jangan pernah beranggapan bahwa anda mampu hidup dengan harta sendiri walupun melimpah ruah. Seorang mukmin sejati adalah mereka yang memperhatikan saudaranya, memberikan sebagian apa yang ia miliki. Tak ada uang bisa dengan tenaga tau bahkan dengan fikiran sekalipun. Tahukah ketika saudara anda ingin meminjam uang kepada anda, lantas uang tersebut tidak ada, kemudian anda memberikan solusi itu termasuk shadakah…?jangan pernah pelit, kalau anda bukan orang munafik…!

Manfaat mukmin sejati
1. Kemuliaan
Orang yang terkontrol jiwa, raga dan tingkah lakunya adalah mereka yang berpegang teguh terhadap ajaran Tuhannya, maka tidak heran mereka mendapatkan martabat dimata masyarakat, dihormati dan dimuliakan…! Terlebih dari itu kemulian disisi Tuhannya kelak dihari akhirat….!

2. Keampuan
Sungguh indah kehidupan dalam kata kemaafan. Pernahkah anda perhatikan ampunan itu betapa mudahnya didaptkan orang-orang yang mampu mengontrol jiwa, raga dan perangainya..?coba perhatikan ketika dua teman anda melakukan kesalahan… mana yang lebih anda toleransi… orang yang baik atau yang jahat…? Lantas bagai mana dengan Tuhan… tentu itu lebih mudah…!! Maukah dosa anda dimaafkan….?

3. Finansial
Harta bukanlah tujuan akhir kehidupan, namun itu penting bagi kebutuhan. Rezki setiap manusia telah ditetapkan, dia takkan pernah bertambah walaupun segigih apa anda mencarinya…!! Lantas bagaimana…?
Seorang mukmin adalah mereka yang memperhatikan kebersihan harta yang ia miliki financial yang steril dan keberkahanlah yang dicari. Pernahkah anda merasakan punya harta yang cukup bahkan banyak namun hilang entah kemana…!! Dan sebaliknya…anda hanya mempunyai sedikit uang…namun jelas dan anda dapat merasakan manfaatnya…!! Mari kita fikirkan… karena anda adalah manusia…!!!
Jadilah mukmin sejati… bukan munafik pencari hati…!!

وصية لنفسي الظالم الراجى لرحمة ربه أن يهديه ضياء نور معرفته...!
والله أعلم بالصواب

0 comments:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers