Sabtu, 27 Maret 2010

Islam kah jalan ku...? Part I


فمن يرد الله أن يهديه يشرح صدره للإسلام ومن يرد أن يضله يجعل صدره ضيقا حرجا كأنما يصعد في السماء كذالك يجعل الله الرجس على الذين لايؤمنون. الآنعام. 125

“Brang siapa yang Allah hendaki hidayah (petunjuk), niscaya Dia melapangkan dadanya (memluk agama islam) dan barangispa yang Allah kehendaki keseseatan niscaya Allah menjadikan dadanya sesak dan sempit seolah dia sedang mendaki langit, baegitulah Allah melimpahkan siska bagi orang yang tidak beriaman.” (QS. Alan’an. 125)

I. Histori Ayat.
Ketika Rasululah Saw. Membaca ayat ini didepan para sahabat, mereka bertanya; ya Rasulullah apakah ada tanda orang yang dilapangkan Allah dadanya…?lantas Rasul berkata: ya..! mereka adalah orang yang fokus terhadap alam yang abadi (akhirat) dan mengabaikan alam tipu muslihat (Dunia) serta mempersiapkan diri untuk hari kematian sebelum dating menjemput…(HR. Ibn Jarir)

II. Kolaborasi Ayat

a.
فمن شرح الله صدره للإسلام فهو على نور من ربه فويل للقاسية قلوبهم من ذكر الله أولئك في ضلال مبين. الزمر. 22

Adapun orang yang dilapangkan Allah dadanya untuk (masuk) Islam, maka dia telah mendapat cahaya Tuhannya. Maka neraka weil lah bagi orang yang keras hatinya untuk mengingat Allah, mereka dalam kesesatan yang nyata. (QS. Az zumar. 22)

b.
من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين إنما العلم بالتعلم. رواه البخاري و مسلم

Siapa yang dikehendaki Allah dalam kebaikan maka dia akan memahamkan orangnya ilmu agama, dan sesungguhnya ilmu itu hanya didapatkan dengan belajar. (HR. Bukhari dan Muslim)

III. Hidayah dan Kesesatan
Secara jahir masuk islam mungkin mudah, hanya mengucapkan dua kalimat syahadat “aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah”, namun tahukah anda bahwa proses menuju itu tidaklah mudah, tidak seorangpun mampu menggiring orang menuju Islam..hanya Allah, ya Hanya Allah, bahkan Rasululah Saw. Sendiri pun tak mampu melakukannya.

Jika anda mendalami literature bahasa Alquran diatas maka anda akan memahami itu… “Siapa yang dikehendaki Allah…!” artinya perkara Islam dan non itu hak mutlak-Nya. So, jangan pernah berpandangan sinis kepada non-muslim, karena kita sesama manusia. Dan perlu membedakan antara hak sesama manusia dan hak sesama muslim.. itu sangat berbeda…!!
Lantas apa fungsi Rasulullah….?
Rasulullah Saw. Dan para umatnya hanya sebatas menyampaikan...! jangan pernah mengeluh ketidak sanggupan anda memberikan nasehat kepada orang lain, karena kuncinya di tangan Allah… anda hanya menyampaikan bukan pemberi petunjuk…!
Orang yang mendapat petunjuk dari-Nya dengan berbagai cara:

a. Langsung
1. Keturunan
Sungguh beruntung bayi yang terlahir dari rahim mu’minah, karena tidak susah untuk mencari hidayah (Masuk Islam) Rabnya ketika sudah dewasa, bayi muslim dan non-muslim sama dipandangan Allah yang membedakan mereka adalah ketika dibebankan hukum agama sesudah dewasa, maka ketika para bayi meninggal mereka tegolong ahli surga.. baik muslim ataupun non-muslim. Tidak ada sama sekali orang yang terlahir dalam keadaan dosa. Karean itu keadilan Sang-Maha Adil

2. Alam bawah sadar
Banyak orang mendapatkan ini… anda munkin salah satunya, ketika tidur umpamanya. Tahukah anda bahwa lafaz azan yang setiap hari dikumandangkan adalah ilham dari Allah melalui mimpi Sahabat Rasulullah, dan itu di aminkan oleh Rasul. Secara logika dapat dipahami bahwa diri anda bukanlah hanya jasad yang ada lihat dalam kaca, melainkan lebih dari itu.. anda mempunyai ruh.. sampai saat ini ada belum pernah melihtanya..!

3. Akal
Anda adalah manusia…!yang membedakan anda dan hewan adalah akal pikiran, tidak pernah akal yang murni menyalhi hakikat kebenaran… jika akal anda tidak mampu memahami kehidupan, bukan berarti keadaan yang salah namun akal anda belum mampu mencernanya… bukankah akal manusia mempunyai tingkatan dan keterbatasan…?
Tahukah bahwa manusia ini tidak pernah kekal hidup…?tahukah bahwa setiap bekas ada yang membekaskan…? Tahukah bawha dunia ini ciptaan…?kalau demikian pasti ada penciptanya…!! Lantas tahukah bahwa Pencipta itu Esa…? Sekiranya berbilangan berarti sang pencipta itu mempunyai kelemahan dari yang lain..!! pantaskan Tuhan mempunyai kelemahan…?


next'a masih dalam coming son...!!! @_@

0 comments:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers