Kamis, 18 Februari 2010

Kiamat…!!!

Banyak orang meyakini akan terjadinya kiamat, walaupun ada yang tidak meyakininya; para filosof misalnya. kumpulan ini tidak meyakini kiamat, dengan berbagai alasan yang mereka lontarkan, sebagai contoh bahwa alam ini kekal dan tidak akan hancur (kiamat) karena dari dulu sampai sekarang bumi tetap ada, dan kaulupun kiamat terjadi, maka kapan hari tanggal dan tahunnya?

KIAMAT AKAN TERJADI
Tidak diragukan lagi, bahwa kiamat pastikan terjadi, secara logika dapat dibuktikan sebagai berikut:

hancurnya alam (kiamat) dapat dibuktikan dari unsur yang memenuhi alam melalui kaedah berikut;

"Setiap yang berubah adalah baharu...dan setiap benda yang terdiri dari unsur baharu maka dia baharu"

Sangat jelas dan bahkan dirasakan sendiri bagaimana perubahan alam yang mana kita bagian dari unsur alam itu sendiri...dulunya kita tidak ada, lahir, dewasa dan nantinya akan digantikan generasi lainnya (mati). anehnya para filosofis menyepakati metode ini dan mereka masih tidak yakin akan hari kiamat...!!!

ISLAM DAN HARI KIAMAT
islam meyakininya dan ancaman keras bagi yang mengingkarinya...!!Alquran banyak menginformasikan tentang hari kiamat begitu juga Hadis melalui Lisan Rasul-Nya..!!

Kiamat Dalam Alquran:
1.surah Alqariah (hari kiamat) sampai akhir
2.surah Alziljal (goncanagan) sampai akhir
3.surah alimfithar samapi akhir
4.surah Attakwir samapi akhir
5. dan ayat-ayat lainnya.

Kiamat Dalam Hadis:
1.لا تفوم الساعة حتى تخرج نار تضيء أعناق الابل ببصرى
tidak akan terjadi hari kiamat sehingga timbul api dari bumi hijaz yang menyinari leher-leher onta di basra. HR. Bukhari 13-17 dan Muslim 7149

2. بعثت انا والساعة كهاتين
Aku diutus dan kiamat sudah seperti ini (menempelkan jari telunjuknya dengan jari tengah. HR. Bukhari 11/347 dan Muslim 7261

3. dll

JADI, KAPAN KIAMAT TERJADI...?
Pertanyaan ini bukan mengada ada, bahkan wajar di pertanyakan..!dan terdapat dalam beberapa ayat dalam Alquan, hanya saja jawabannya yang sering menjadi permasalahan. jawaban pasti yang tak dapat ditawar telah diutarakan Allah dalam Alquran:

ويسألونك عن الساعة ايان مرساها قل انما علمها عند ربي لا يعلمها الا هو ثقلت في السموات والارض لاتأتيكم الا بغتة يسألونك كأنك حفي عنها قل انما علمها عند الله ولكن اكثر الناس لايعلمون

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui". QS. Al'araf. 187



kemudian Allah berfirman:
فهل ينظرون الا الساعة ان تأتيهم بغتة فقد جاء اشراطها

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, Karena Sesungguhnya Telah datang tanda-tandanya. QS. Muhammad. 18

Allah tidak langsung mengahancurkan alam (kiamat) namun memberikan tanda tanda akan datangnya kiamat. lantas apakah Allah harus membuat pertanda itu lantas kiamat datamg, jadi Allah punya ketergantungan, sementara Allah Yang maha Kuasa yang tidak ada beban sama sekali…?

Allah Maha Pengasih…Allah Maha Penyayang…!!salah sasatu kasihnya memberikan peringatan kepada hambanya agar bersiap menghadapi hari kiamat, tidak dengan begitu saja…lantas membumi hanguskan alam ini..!!

Imam Qurtubi mengatakan: Hikmah adanya tanda-tanda hari kiamat adalah sebagai bukti bahwa kiamat itu memang benar terjadi, peringatan bagi mereka, agar selalu bertaubat dari kesalahan dan munabah kepada Allah, ketika mereka melihat tanda-tanda tersebut mereka mempersiapkan diri meninggalkan kesibukan dunia yang tidak bermanfaat….!!

LANTAS APA TANDA-TANDA KIAMAT TERSEBUT?
Pertama: Pertanda Syugra (Kecil)
Diutusnya nabi akhir zaman, meninggalnya Rasulullah Saw., terbelahnya bulan, keluarnya api dari dataran hijaz, munculnya para pengaku nabi palsu, bermegah-megahan membangun mesjid dan penghuninya semakin berkurang, banyak terjadi gempa dan pembunuhan, sering turun hujan, pasar bebas, penguasa lebih banyak dari kaum muslim, yang muda lebih mengetahui ilmu agama dari orang tua, wanita lebih banyak dari laki-laki, perzinahan meraja lela, rusaknya akhlak, berkurang nya pengetahuan agama, munculnya emas dari sungai eprat, berbicaranya binatang buas dan benda mati kepada manusia..!!

Kedua: pertanda Kubra (Besar)
Dukhan, datangnya Dajjal. al, turunnya Nabi Isa. As, keluarnya Ya'juj wa ma'juj, matahari terbit dari barat, keluarnya binatang yang berbicara dengan manusia, gerhana, keluarnya api yang mengumpulkan manusia, turunnya Imam Mahdi, runtuhnya Ka'bah….!!!

والله اعلم بالصواب......!!
Bersambung….!!!

0 comments:

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers